Manfaat Membaca Al Qur'an

Posted on
  • Sabtu, 09 April 2016
  • by
  • Unknown
  • in
  • Label: , ,

  • Manfaat Membaca Al Quran
    Begitu banyak manfaat yang kita dapatkan dari membaca Al Quran dan mengamalkan isinya. Al Quran adalah pedoman hidup yang diberikan Allah SWT kepada manusia, barang siapa yang mengamalkannya maka tidak akan tersesat selama-lamanya. Berikut beberapa manfaat dari banyaknya manfaat yang akan kita dapatkan jika membaca Al Quran, mempelajari dan mengamalkannya.

    1. Satu huruf sama dengan sepuluh kebaikan
    "Barang siapa membaca satu huruf di dalam Al-Quran, maka baginya sepuluh kebaikan" (HR. Tarmidzi).

    “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka akan memperoleh satu kebaikan. Setiap satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf"

    2. Hati menjadi tenang
    "Bacalah Alquran karena Allah tidak akan menyiksa hati orang yang menjaga Al Quran. Al Quran itu benteng Allah,siapa yang masuk ke dalamnya akan aman dan berilah kabar gembira kepada siapa saja yang mencintai Al Quran" (HR. Ad Darimi).

    3. Akan dikumpulkan bersama malaikat
    “Orang yang ahli dalam Alquran akan bersama dengan para malaikat pencatat yang mulia lagi taat. Dan orang yang terbata-bata membacaAlquran dan dia bersusah payah mempelajarinya, maka baginya dua pahala" (HR. Bukhari).

    4. Allah akan memberi lebih dari yang diinginkan
    “Siapa saja yang disibukkan olehAl Quran dalam rangka berdzikir kepada-Ku, dan memohon kepada-Ku, niscaya Aku akan berikan sesuatu yang lebih utama daripada apa yang telah Aku berikan kepada orang-orang yang telah meminta. Dan Keutamaannya Kalam Allah daripada seluruh Kalam selain-Nya, seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya“ (HR. At-Turmudzi).

    5. Memberikan syafaat di hari kiamat
    " Bacalah oleh kalian Al Quran karena ia Al Quran akan datang pada hari kiamat kelak sebagai pemberi syafaat bagi orang-orang yang rajin membacanya" (HR Muslim 804).

    “Puasa dan Al-Qur’an, keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari Kiamat…” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).

    6. Semakin banyak bacaan semakin tinggi tingkatann di surga
    “Dikatakan kepada ahli Al-Qur’an, ‘Bacalah, naiklah dan bacalah dengan tartil sebagaimana kamu membaca di dunia karena kedudukanmu terletak pada akhir ayat yang kamu baca” (HR. At-Tirmidzi)

    7. Diberi Allah mahkota untuk orang tuanya
    “Siapa saja membaca Al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya yang sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan kepada kedua orangtuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanyapun bertanya, ‘Bagaimana dipakaikan kepada kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘Karena anakmu telah membawa Al-Qur’an” (HR. Al-Hakim).

    8. Dinaungi rahmat Allah
    Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda "Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikelilingi malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisinya" (HR. Muslim no. 2699).

    9. Tidak akan bersedih hati
    "Maka Barangsiapa yang mengikuti petunjuk ku niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati" (QS. Al Baqarah: 38).

    10. Menjadikan manusia yang paling baik
    Dari Utsman bin Affan, Nabi SAW bersabda “Sebaik-baik kalian yaitu orang yang mempelajari Al Qur`an dan mengajarkannya” (HR. Bukhari).

    Itulah beberapa manfaat dari membaca, mempelajari, menghafal ataupun mengamalkan Al Quran dan masih banyak manfaat-manfaat lain yang begitu besar baik di dunia maupun di akhirat kelak.

    Hasan Al Bashri mengungkapkan orang-orang sebelum kalian melihat Al Quran ini sebagai surat cinta dari Rabbnya, direnungi malam hari dan diamalkan siang hari.

    Semoga kita dimudahkan untuk membaca, mempelajari dan juga menghafalkannya, aamiin.

    Artikel Terkait

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
     
    Copyright (c) 2016 REVOLUSI AKIDAH