Rahasia Subuh Yang Harus Anda Ketahui

Posted on
  • Kamis, 24 Maret 2016
  • by
  • Unknown
  • in
  • Label: , , ,

  • Rahasia Subuh Yang Harus Anda Ketahui
    Waktu subuh adalah waktu yang istimewa, karna disana banyak terdapat rahasia amalan yang biasa Rasulullah SAW lakukan. Dari sebelum datangnya waktu subuh yaitu diwaktu sepertiga malam disana ada salat tahajud dan witir sampai datangnya waktu di pagi hari disana ada salat duha, semua amalan yang sangat besar manfatnya. Namun, pada kesempatan ini kita tidak akan membahas tentang tahajud dan duha, kita khusus membahas tentang rahasia di waktu subuh itu sendiri.

    Berikut beberapa rahasia di waktu subuh menurut Syekh Ali Jaber

    1.Salat Subuh Berjamaah Seperti Salat Malam Sepanjang Malam
    Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang shahih
    مَن صلى العشاء في جماعة، فكأنما قام نصف الليل، ومن صلى الصبح في جماعة، فكأنما صلَّى الليلَ كلَّه - See more at: http://belajarislam.com/2014/03/10-keutamaan-shalat-subuh-berjamaah/#sthash.Rg3aMSUe.dpuf

    مَن صلى العشاء في جماعة، فكأنما قام نصف الليل، ومن صلى الصبح في جماعة، فكأنما صلَّى الليلَ كلَّه

    “Barang siapa yang melakukan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan salat setengah malam. Barang siapa yang melakukan salat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan salat malam sepanjang waktu malam itu”. (HR. Muslim dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu)

    مَن صلى العشاء في جماعة، فكأنما قام نصف الليل، ومن صلى الصبح في جماعة، فكأنما صلَّى الليلَ كلَّه - See more at: http://belajarislam.com/2014/03/10-keutamaan-shalat-subuh-berjamaah/#sthash.Rg3aMSUe.dpuf
    “Barang siapa yang melakukan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu.”(HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu)
    - See more at: http://belajarislam.com/2014/03/10-keutamaan-shalat-subuh-berjamaah/#sthash.Rg3aMSUe.dpuf
    “Barang siapa yang melakukan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu.”(HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu)
    - See more at: http://belajarislam.com/2014/03/10-keutamaan-shalat-subuh-berjamaah/#sthash.Rg3aMSUe.dpuf
    Ternyata pahala yang begitu besar bisa kita dapatkan dari ikut salat subuh berjamaah di masjid yaitu seperti salat malam sepanjang malam sedangkan salat isya berjamaah seperti salat setengah malam. Saudara semua yang dirahmati Allah apakah diantara kita ada yang mampu untuk melaksanakan salat sepanjang malam?. Saya yakin sangat berat sekali untuk bisa mengerjakannya, tapi dengan salat subuh berjamaah Insha Allah pahalanya sama seperti salat malam sepanjang malam.

    2. Qobliyah Subuh
    Yang juga selalu dijaga Rasulullah SAW yaitu salat sunah qobliyah subuh, banyak orang yang melalaikannya padahal pahalanya luar biasa.

    مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى شَىْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَسْرَعَ مِنْهُ إِلَى الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ
    Aku tidaklah pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan salat sunnah yang lebih semangat dibanding dengan salat sunnah dua raka’at sebelum Fajar” (HR. Muslim no. 724)

    رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
    Dua raka’at fajar (salat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725).

    Kalau kita renungkan pahala salat sunnahnya saja seperti ini apalagi yang wajib, begitu besar bukan pahalanya?. jangan sampai kita menyia-nyiakan ibadah ini.

    3. Ketika Adzan Subuh Berkumandang
    Ketika mendengar adzan pada saat hendak salat subuh banyak yang tidak mengetahui sehingga tidak mengikuti saat muadzin mengumandangkan adzan. Padahal ada sebuah hadits yang menjaminkan kita diampunkan dari semua dosa sebagaimana diriwayatkan oleh imam muslim khususnya saat muadzin sedang mengucapkan Ashadualla Ilahailallah  Ashadu anna Muhammad Rasulullah 
    kita menjawab Wa anna ashadualla ilahailallah wahdahula syarikalah, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh, radhitu billahi rabba wabil muhammadin nabiyya wabil islamidina.

    "Wa anna ashadualla ilahailallah wahdahula syarikalah, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh, radhitu billahi rabba wabil muhammadin nabiyya wabil islamidina. Diampuni Allah dosa yang telah lalu" (Hadist Riwayat Muslim). 

    4. Ketika Selesai Adzan Subuh
    Ketika selesai adzan jangan lupa kita salawat dulu kepada Nabi Muhammad SAW baru baca doa sesudah adzan.

    Banyak diantara kita yang langsung membaca doa sesudah adzan. Padahal diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwasanya Rasulullah menyuruh kepada kita bersalawat kepadanya kemudian baru membaca doa sesudah adzan, kita dijamin akan mendapat syafaat Rasulullah SAW di akhirat kelak

    5. Doa Khusus Setelah Salat
    Doa khusus setelah salat subuh yang Rasulullah SAW tidak pernah tinggalkan.

    Allahumma inna Nas aluka Ilman nafian wa rizqon thoyyiban wa amalan Sholihah mutaqabbalan.

    Ya Allah kami memohon kepadamu berikanlah kami ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amal salih yang diterima disisimu (HR. Ibnu Majah dishahihkan oleh Syekh Al Bani dalam shahih Ibnu Majah no 762)

    6. Sedekah Subuh
    "Bersedekah pada saat subuh didoakan malaikat. Doa malaikat: Ya Allah berikanlah pengganti yiang berkah pada hambamu yang berinfak" (Hadits Riwayat Bukhari).
    Biasakan bersedekah pada saat subuh walaupun itu cuman seribu, dua ribu atau lima ribu tapi lakukan dengan rutin karena disitu dapat doa malaikat, bukan hanya saja doa malaikat tetapi doa Nabi Muhammad SW. Renungkan, apakah doa malaikat dan juga doa Nabi Muhammad SAW tidak mustajab.
    Insha Allah amalan ini akan membantu kita menyelesaikan masalah-masalah yang kita alami, jadi usahakan sedekah subuh walaupun sedikit-sedikit tapi rutin karena Allah mencintai amalan yang istiqomah.
    Bukan hanya menjadi sebuah kebiasaan tetapi dihayati, disitulah akan terasa perubahan yang luar biasa baik dari segi rizki, dari segi ketenangan, dari segi pikiran, bahkan dari segi ibadah.
    Kalau manusia bekerja ada yang namanya shift, ternyata malaikat juga punya shift. Kapan mereka pergantian shift?, malaikat yang bertugas malam dan malaikat yang bertugas pagi bertemu di saat salat subuh. Jadi malaikat saat salat subuh itu hadir, malaikat malam sama malaikat pagi yang baru turun ikut salat subuh. Malaikat malam selesai salat subuh baru naik bawa laporan malam.
    Oleh karena itu rohani kita, batin kita terasa lebih nikmat ketika salat subuh. Makanya kalau salat subuh yang jadi imam baca Al-Qur'an nya agak panjang lagi biar kita bisa lebih nikmat.

    Share artikel Rahasia Subuh Yang Harus Anda Ketahui.

    Artikel Terkait

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
     
    Copyright (c) 2016 REVOLUSI AKIDAH